Daur Ulang Kertas Bekas

daur ulang kertas bekas

Daur Ulang Kertas Bekas

Penggunaan kertas berlebihan, seperti untuk keperluas tugas kuliah, memicu penumpukan sehingga membutuhkan daur ulang kertas bekas. Pasalnya, sampai sekarang belum ada alat tulis yang mampu menggantikan peran kertas. Tentu kita tahu bahwa bahan baku kertas adalah kayu. Bila menggunakan kertas berlebihan, maka berdampak pada keseimbangan alam.

Nah, kondisi seperti itu mengharuskan Anda berpikir kreatif, seperti mencari peluang bisnis. Anda bisa menggeluti usaha sebagai penjual atau daur ulang kertas bekas. Mengingat penggunaan kertas yang tidak pernah habis, terjun ke bisnis ini cukup menjanjikan untuk ke depannya. Namun, untuk memulai bisnis kertas bekas Anda harus memiliki beberapa panduan. Adapun panduan itu sudah kami lampirkan, seperti berikut.

  • Carilah penampung kertas bekas tangan pertama. Kami sarankan supaya Anda tidak melibatkan pemasok pabrik untuk usaha karena bisa menurunkan nilai keuntungan. Pastikan saja Anda mendapat penampung agar harga jual daur ulang kertas bekas tetap menguntungkan.
  • Anda harus memasang harga beli yang lebih baik. Sekalipun daur ulang kertas bekas, jangan menganggap bahwa barang ini sebagai limbah tidak bernilai dan dihargai miring. Agar sukses menjalin kerja sama dengan penyuplai, misalkan pabrik, Anda harus memenuhi target harga. Anda juga bisa melakukan analisis harga dari pesaing untuk menentukan tarif.
  • Panduan ketiga, Anda bisa menjalin kerja sama dengan penyuplai. Beberapa perusahaan dan instansi, misalkan universitas maupun sekolah, kertas dan kardus sering menjadi masalah. Kehadiran Anda sebagai pihak penyedia jasa daur ulang kertas bekas menjadi angin segar bagi instansi atau perusahaan. Dari sinilah Anda dapat menjalin kerja sama dengan instansi maupun perusahaan tersebut.
  • Ubah pola pikir: kertas bekas tetaplah barang bersih. Secara tidak langsung, mengubah pola pikir tersebut memengaruhi tindakan Anda dalam memperlakukan kertas bekas. Nah, setelah mendapatkan kertas bekas dari penyuplai, perlakukan kertas sebaik mungkin. Jangan sampai kertas yang didapat menjadi sarang tikus, serangga, maupun jamur agar kualitasnya tetap terjaga.
  • Terakhir, maksimalkan proses pengiriman kertas daur ulang dengan menyediakan kendaraan khusus.

Daur Ulang Kertas BekasKelima poin di atas bisa Anda baca berkali-kali sebelum memulai berbisnis daur ulang kertas bekas. Sebagai tambahan, kelola keuangan Anda: untuk modal atau keperluan bisnis dan keperluan sehari-hari. Yuk dicoba, pasti kamu suka, salam daur ulang! 🙂

No Comments

Post A Comment

× Chat Via WhatsApp